Sabtu, 06 Juli 2013

Konsep Uang - Apakah Sama Dengan Kartu Kredit?

Konsep Uang - Apakah Sama Dengan Kartu Kredit? - Sepertinya, lazim bagi kita menganggap kartu kredit sebagai suatu bentuk uang. Memang, orang menggunakan kartu kredit untuk membeli berbagai barang. Jadi, apakah kartu kredit merupakan sebuah alat tukar seperti halnya uang?

Meskipun terlihat seperti itu, kartu kredit sepertinya ada di luar semua hal yang terkait dengan jumlah uang yang beredar. Ketika kita membeli makanan dengan kartu kredit, bank yang mengeluarkan kartu tersebut membayar restoran sebesar utang tersebut. Di lain waktu, kita harus membayar kembali kepada bank tersebut (mungkin dengan tingkat bunga tertentu). Ketika saat membayar tagihan kartu kredit tiba, kita mungkin melakukannya dengan menulis di selembar cek. Saldo rekening giromu adalah termasuk dalam jumlah uang yang beredar, bukan kartu kreditnya.
Perlu dicatat bahwa kartu kredit jauh berbeda dengan kartu debit, yang secara otomatis menarik dana dari suatu rekening bank untuk membayar barang yang dibeli. Jadi, kartu debit tidaklah memberikan fasilitas penundaan pembayaran dari suatu pembeliaan, melainkan memberi fasilitas akses langsung pada tabungan yang ada di rekening bank kita. Saldo rekening yang ada di balik keberadaan kartu debit terkait dengan jumlah uang yang beredar.

Meskipun kartu kredit tidak dapat disebut uang, bagaimanapun kartu ini penting artinya untuk menganalisis sistem moneter. Orang yang memiliki kartu kredit dapat membayar tagihannya sekaligus di akhir bulan; tidak langsung di saat melakukan pembelian. Karena itu, orang yang memiliki kartu kredit mungkin menahan uang lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak memiliki kartu kredit. Jadi, pengenalan dan meningkatnya popularitas kartu kredit dapat mengurangi jumlah uang yang ingin disimpan atau ditahan oleh masyarakat. - Konsep Uang - Apakah Sama Dengan Kartu Kredit?

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan dikomentari......