Minggu, 17 Maret 2013

Apa Itu Feed?

 

Apa Itu 'Feed'? - Apakah sobat sering mendengar istilah feed, RSS, atau Atom ? Sebenarnya RSS dan Atom itu termasuk dalam feed. Lalu apa itu feed ? Beberapa pengguna Internet mungkin sudah ada yang tahu apa itu feed, bahkan mungkin sudah ada yang memanfaatkannya. Bagi yang belum tahu apa itu feed, berikut saya berikan penjelasan tentang apa itu feed dan bagaimana cara memanfaatkannya.

Feed adalah sebuah format data bertipe XML yang digunakan untuk memberi tahu pengunjung tentang update terbaru dari sebuah website secara berkala.
Cara lama
diagram feed
Pada gambar diatas, A adalah komputer Anda, B adalah sebuah blog dan C adalah website lainnya (misal: website berita). Dulu, untuk mendapat Informasi terbaru dari sebuah website, pengguna Internet harus membuka website tersebut di browsernya. Tapi apabila tidak ada update terbaru dari website tersebut, maka pengguna akan rugi waktu untuk mengecek dan juga rugi bandwidth (untuk yang pembayaran Internetnya berdasarkan volume ).
Arah panah menunjukkan bahwa pengguna yang harus aktif mengunjungi blog (B) dan website (C). Bandingkan dengan cara yang terbaru.
Cara baru
diagram feed
Pada gambar diatas, pengguna Internet mendapatkan informasi update terbaru dari blog (B) dan website (C) tanpa harus mengunjungi website tersebut. Bagaimana bisa ? hal ini bisa dilakukan karena blog (B) dan website (C) mempunyai fitur feed. Dimana pengguna Internet harus terlebih dahulu melakukan subscribe feed dari website tersebut. Subscribe ke feed sebuah website bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi (biasanya disebut dengan feed reader). Baik aplikasi berbasiskan web ataupun berbasiskan desktop.
Jadi, cukup dengan membuka aplikasi feed reader tersebut dan Anda pun akan mendapatkan update terbaru dari website/blog langganan Anda.
Dan bagusnya, feed tidak hanya bisa dibaca dari komputer. Melainkan juga bisa dibaca melalui media lain, seperti handphone, PDA, smartphone, dan lain-lain. Selama dalam perangkat tersebut terdapat aplikasi feed reader dan terkoneksi dengan Internet, maka mendapatkan update langsung melalui feed akan bisa dilakukan.
jaringan feed

 Nah, ingin tahu alamat feed blog sobat? Monggoh di sini.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan dikomentari......