Selasa, 19 Maret 2013

Nabi SAW Tidak Dapat Tidur karena Khawatir Akan Sebutir Kurma



Di kesempatan kali ini, Buku Online akan membagikan sebuah kisah tentang akhlak baik Rasulullah SAW yang patut kita contoh. Nah, ayo disimak.


Pada suatu ketika, Rasulullah SAW tidak dapat memejamkan matanya sepanjang malam. Beliau selalu mengubah-ubah posisi tidurnya, namun tetap tidak dapat memejamkan mata sekejap pun. Sehingga isteri beliau bertanya, "Wahai Rasulullah, apa yang menyebabkan engkau tidak dapat tidur?"






Beliau SAW menjawab, "Tadi ada sebuah kurma yang diletakkan di suatu tempat. Karena takut terbuang begitu saja, maka aku telah mengambil dan memakannya. Sekarang setelah aku berpikir, aku merasa menyesal dan khawatir, mungkin kurma yang dikirimkan kepadaku itu adalah kurma untuk disedahkan kepada fakir miskin.






Hikmah: Kemungkinan besar, buah kurma yang beliau makan adalah miliknya sendiri. Tetapi biasanya orang kaya-kaya itu memberikan harta mereka untuk disedekahkan kepada orang yang berhak, maka karena memikirkan kemungkinan inilah Rasulullah SAW tidak dapat tidur. Apabila kurma itu dalah kurma yang untuk disedekahkan, berarti beliau telah memakan harta sedekah. Inilah keadaan Rasulullah SAW, beliau tidak dapat tidur hanya karena memikirkan sesuatu yang kita anggap sepele. Lihatlah keadaan kita, diantara kita ada yang memakan harta suap, riba, harta curian, dan hasil rampokan tetapi tidak ada sedikit pun perasaan berdosa, padahal kita mengaku sebagai umat dan pengikut Rasulullah SAW.






Nah sekian dulu kisah teladan kali ini. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan dikomentari......