Minggu, 17 Maret 2013

Perlombaan Sedekah Umar dan Abu Bakar R.a.


Umar r.a. meriwayatkan, "Suatu ketika Rasulullah saw. memerintahkan untuk bersedekah, waktu itu aku memiliki sedikit harta kekayaan. Aku merenung, setiap saat Abu Bakar membelanjakan lebih dari apa yang telah aku belanjakan di jalan Allah. Aku berharap dengan karunia Allah, semoga aku dapat membelanjakan lebih darinya kali ini, karena saat itu aku mempunyai dua harta kekayaan untuk aku belanjakan. Aku pulang ke rumah dengan perasaan gembira sambil membayangkan buah pikiranku tadi. Segala yang ada di rumah, aku ambil setengahnya. Rasulullah saw. bersabda, "Apa ada yang kamu tinggalkan untuk keluargamu, wahai Umar?"
Aku menjawab, "Ya, ada yang aku tinggalkan, wahai Rasulullah!"

Rasulullah saw. bertanya lagi, "Seberapa banyak yang telah kamu tinggalkan?"

Jawabku, "Aku telah tinggalkan setengahnya."

Tidak berapa lama kemudian, Abu Bakar datang dengan membawa seluruh harta bendanya. Aku mengetahui bahwa ia telah membawa seluruh miliknya. Begitulah pembicaraan yang aku dengar antara ia dengan Rasulullah saw.

Rasulullah saw. bertanya, "Apakah yang kamu tinggalkan untuk keluargamu, wahai Abu Bakar?"

Jawab Abu Bakar, "Aku meninggalkan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka. (aku tinggalkan dengan keberkahan nama Allah Swt. dan Rasul-Nya serta keridhaan-Nya)."

Umar r.a. berkata, " Sejak saat itu aku mengetahui bahwa sekali-kali aku tidak dapat melebihi Abu Bakar."

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan dikomentari......